Kuy Puasa

L apa R alias Lapar, yaps dibulan ini tentunya gue lebih sering merasakan kelaparan dibanding bulan-bulan lainnya, itu dikarenakan bulan April 2021 ini bertepatan dengan bulan Ramadhan yang dimana orang yang beragama islam berpuasa selama satu bulan lamanya. Dengan begitu gue harus menahan rasa haus dan lapar, namun bukan hanya itu saja, saat berpuasa pun kita harus menahan rasa amarah juga syahwat.

Selain dari kata lapar, L apa R pun menjadi dua buah pilihan yang harus gue pilih disaat bulan puasa ini.

Left or Right?

ya, ibaratnya gue harus menentukan pilihan ke kiri atau ke kanan, maksudnya gue harus berpuasa atau tidak. Mungkin jawabannya "Iya Harus", "WAJIB!", karena gue masih sehat jasmani juga sehat akal (tidak gila) namun bisa juga jawabannya "Tidak Harus" walau jasmani dan akalnya sehat (tidak gila), kenapa begitu?, karena tidak semua orang muslim mau berpuasa.

Contohnya seperti rekan kerja gue, mungkin dia salah satu golongan yang menjawab bahwa puasa itu tidak wajib untuknya. Buktinya, saat baru sampai di kantor dia langsung mencari tempat aman untuk ngopi juga merokok, dan di waktu istirahat dia pun makan siang bersama temannya. Semua kembali lagi pada orangnya masing-masing. Mau atau tidak?. Sebenarnya berpuasa di bulan Ramadhan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita seperti:

Menurunkan berat badan - Dengan berpuasa dalam jangka waktu tertentu dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengontrol gula darah - puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang sangat berguna bagi penderita diabetes karena pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Meningkatkan kesehatan jantung - Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dan masih banyak lagi manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu dengan berpuasa, secara tidak langsung melatih kita untuk selalu bersabar dan mensyukuri nikmat yang kita miliki. Bukankah sebelum bulan Ramadhan kita dapat bebas untuk memakan makanan yang kita inginkan, meneguk berbagai macam minuman yang menyegarkan? namun tidak berlaku untuk saudara kita di luar sana yang harus mengemis di persimpangan jalan, menari-nari dengan kostum kartun demi sesuap nasi.

Bahkan dengan kita berpuasa dapat menghapus dosa dan melipatgandakan ibadah yang kita kerjakan. Kurang apalagi?

Sepadan kah dengan makananan dan minuman yang kalian nikmati demi tidak mau menahan rasa haus dan lapar sehingga tidak berpuasa?. Beda jauh boss!

Kuy puasa, mumpung kita masih ada umur dan masih sanggup untuk berpuasa.

Food photo created by nakaridore - www.freepik.com

commentSilahkan Berkomentar

Boleh kok kalau mau berkomentar, tapi jangan mengandung SARA ya!

Posting Komentar

Boleh kok kalau mau berkomentar, tapi jangan mengandung SARA ya!

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama